Sulap Lahan Kosong Jadi Lahan Pertanian, Posal Sinaboi Bersama Petani Panen 5 Ton Gabah Padi

  • Senin, 01 Februari 2021 - 18:18:33 WIB | Di Baca : 5824 Kali

 

SeRiau - Prajurit TNI AL dari Satuan POSAL SINABOI berhasil mengembangkan lahan pertanian yang bekerjasama dengan para petani serta pihak terkait.

Lahan kosong seluas lima hektar berhasil di sulap jadi lahan pertanian padi di Kepenghuluan Sinaboi Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir

Sejak ditanam lebih kurang tiga bulan lalu, kini lahan tersebut sudah menunjukkan hasil. DANPOSAL Bagansiapiapi Letda Laut Yustin bersama prajurit TNI AL POSAL Sinaboi, para petani serta unsur terkait berkesempatan untuk melakukan panen raya padi perdana di lahan tersebut.

Panen dilaksanakan pada hari ini, Senin 1/02/21, mereka langsung turun ke sawah dan menyabit satu persatu tanaman padi yang sudah menguning.

Tanaman padi ini berada diatas lahan seluas lima hektar yang mana hasil panen ini mampu mengumpulkan lima ton gabah padi. /DANPOSAL Bagansiapiapi Letda Laut Yustin mengatakan gerakan ini merupakan program pemerintah yang dilaksanakan oleh Lanal Dumai kemudian diteruskan ke seluruh tingkat POSAL

" Ini adalah program pemerintah yang diteruskan oleh Lanal dumai dalam hal ini Danlanal Dumai Kolonel laut Himawan dan kemudian diteruskan lagi ke tingkat posal di jajaran lanal Dumai, tentunya ini bisa membantu pemerintah setempat untuk menguatkan ketahanan pangan ditengah Pandemi covid-19,"sebutnya".

Yustin menambhakan TNI AL tidak bekerja sendiri dalam menyukseskan ketahanan pangan melainkan melibatkan para petani, pemerintah hingga institusi polri.

" Semua kita bersinergitas termasuk para petani, Datuk Penghulu, bhabinkamtibmas dan bhabinpotmar, Alhamdulillah kita bisa lihat hasilnya seperti sekarang ini, "tuturnya.

Untuk hasil dari panen ini, selain di konsumsi, sebagiannya lagi akan didistribusikan ke sejumlah pasar, " kita akan distribusikan kepasar pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan sisanya akan dikonsumsi.

Yustin berharap langkah semacam ini tidak berhenti saat telah dilakukannya panen raya, melainkan dapat diteruskan kedepannya demi memenuhi kebutuhan pangan serta menopang perekonomian masyarakat.

Sementara itu seorang petani Pairin mengungkapkan, adanya pendampingan maupun pengawasan dari prajurit TNI AL pihaknya merasa bahwa hasil panen lebih maksimal dan meningkat dari sebelumnya.

" Kami merasa hasil pertanian kami pada tahun ini cukup memuaskan dari sebelumnya, kami didampingi oleh TNI AL mulai dari penanaman hingga memasuki masa panen saat ini,"ungkapnya".

Pairin bersama petani lainnya berharap pertanian mereka terus didukung oleh prajurit TNI AL sebab tidak hanya sebagai pengawas, TNI juga selalu membantu kebutuhan para petani.

" Kami sangat berharap dukungan bapak bapak TNI untuk selanjutnya dan kami yakin kami bisa berbuat lebih dari ini jika kami terus bersama prajurit TNI,"tutupnya".(ad)





Berita Terkait

Tulis Komentar